Minggu, 01 Maret 2015

Perilaku Konsumen IKK233 Bab 6

BAB 6 PEMBELAJARAN KONSUMEN

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 http://ikk.ipb.ac.id
Bogor Agricultural University http://ipb.ac.id/  
Pengertian Pembelajaran Konsumen
Pembelajaran konsumen adalah suatu perubahan dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman masa lalunya.. Konsumen akan menyesuaikan perilakunya dengan pengalamannya di masa lalu.
Ada beberapa elemen dasar dalam pembelajaran :
  • Motivasi
  • Isyarat (tanda-tanda)
  • Respon
  • Penguatan (Reinforcement)
Teori Pembelajaran Terdapat tiga teori besar yang menjelaskan belajar dan proses pembelajaran, yakni :
  1. Teori Pembelajaran Perilaku
  2. Teori Pembelajaran Kognitif
  3. Teori Pembelajaran Observasional
Kesetiaan Pelanggan
Kesetiaan pelanggan akan menjadi kunci sukses, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini karena kesetiaan pelanggan memliki nilai strategic bagi perusahaan. Nilai strategic kesetiaan pelanggan bagi perusahaan antara lain :
  • Mengurangi Biaya Pemasaran
  • Menarik Pelanggan Baru
  • Trade Laverage
  • Dipandang sebagai kejadian non random.
  • Kesetiaan terhadap merk merupakan respon perilaku yang ditujukkan sepanjang waktu selama memungkinkan.
  • Kesetiaan terhadap merk dikarakteristikan dengan adanya proses pengambilan keputusan yang melibatkan alternative-alternatif merk yang tersedia.
  • Waktu Untuk Merespon Ancaman dari Pesaing
Adapun faktor-faktor antecendent yang merupakan komponen dari sikap yang berpengaruh dalam pembentukan kesetiaan pelanggan yaitu :
  1. Cognitive Antecendent
  2. Affective Antecendent
  3. Conative Antecendent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar